Assalamualaikum,
selamat siang.
Kali
ini saya akan menulis mengenai Brand Menantea yang dimiliki oleh Jerome Polin
selaku Youtuber.
Menantea
merupakan sebuah brand yang didirikan oleh Jerome dan kakaknya (Jehian). Menantea
menyediakan menu minuman dan makanan. Banyak menu yang beragam dan bervariasi,
salah satu contohnya adalah minuman teh yang ditambahkan buah-buahan segar, bukan
hanya satu macam buah saja, tetapi bermacam-macam buah contohnya apel, nanas, dan
strawberi.
Selain
minuman Menantea juga menyediakan menu makanan agar tidak sepi jika hanya minum
minuman saja. Seperti menu Potato and Chiken, tidak afdol jika tidak diberikan
saus maka dari itu menantea memiliki 4 macam saus yaitu ; Honey Mustard, Say
Cheese, Spicy Huha, Pidis Jiwi. Saus yang best seller jatuh kepada Honey
Mustard. Mustard yang disediakan disini tidak terlalu pekat rasanya maka dari
itu cocok untuk orang yang tidak suka mustard tapi tetap ingin mencoba saus Honey
Mustard tersebut.
Jerome
Polin selaku pemilik sekaligus pendiri dari usaha Menantea ini merupakan
seorang pria kelahiran 1998. Jerome Polin ingin sekali menjadi Mentri
Pendidikan Indonesia untuk memajukan Pendidikan di Indonesia. Saat ini Jerome
Polin sedang menempuh Pendidikan di Jepang dengan jurusan matematika. Untuk mendapatkan masukan uang yang dia butuhkan
selama kuliah di Jepang, Jerome mulai membuat channel Youtube. Awalnya channer
youtube Jerome ialah memberikan tips and trik mengenai cara dirinya mendapatkan
beasiswa untuk berkuliah di Jepang, selain itu Jerome juga melakukan Vlog
kesehariannya di Jepang. Kontennya itu menarik banyak orang untuk lebih melihat
channel youtube Jerome. Semakin hari subscribersnya semakin bertambah hingga
saat ini hampir menyentuh 10 Juta Subscribers.
Dari
situ ia pun memulai bisnisnya, mempromosikan brandnya kepada para penonton dan
teman-teman influencernya. Karena banyak yang tertarik sekaligus penasaran
dengan minuman yang Jerome jual itu, banyak konten creator yang mereview
makanan dan minumannya. Hingga saat ini Jerome
memiliki cabang sebanyak 68 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.
Selanjutnya Nihonggo Mantappu, diambil dari bahasa jepang yaitu Nihong(Jepang) go(bahasa). Nihonggo Mantappu merupakan Channel Youtube Jerome Polin yang sampai saat ini membuatnya terkenal diberbagai kalangan. Channel tersebut memuat vlog yang berisikan Waseda Boys. Waseda boys berisikan Jerome, Tomo, Yasuke, Otsuka. Mereka bersama-sama melakukan Vlog kesehariannya di jepang, berjalan jalan keliling tempat hiburan di Jepang, battle makanan selain itu wasedaboys akhirnya ke Indonesia. Mereka mencoba untuk mengenal budaya Indonesia, memakan makanan Indonesia, memakai baju batik, dan belajar bahasa Indonesia.
Pentingnya
Menantea dikaji menggunakan semiotika
Seperti
yang kita ketahui bahwa menantea merupakan usaha yang sedang booming saat ini,
bukan karena yang menjual itu Jerome melainkan karena menanteanya itu sendiri
yang memiliki inovasi untuk menu-menunya. Mulai dari nama menunya, packaging
serta rasanya yang memiliki ke khassan sendiri.
Menantea
penting dikaji dengan semiotika karena semiotika bisa mengetahui tanda-tanda yang
akan terjadi dengan usaha menantea. Dengan semiotika kita bisa membahas usaha
ini akan bertahan berapa lama, melalui tanda-tanda yang akan kita rasakan saat
ini dan kedepannya. Seperti yang kita ketahui bahwa mempunyai usaha bukanlah
suatu hal yang mudah untuk dipertahankan, sebagai pendiri kita harus membuat
pelanggan selalu terkesan dengan produk yang ditawarkan.
Selanjutnya,
semiotika juga akan membantu Menantea
dalam meneliti menu-menu yang akan ditawarkan kepada para pelanggan, dengan
semiotika kita bisa membuat tanda menu apa yang saat ini sedang viral? Apa trand
yang terjadi saat ini? Dengan begitu menantea akan lebih mudah menyeimbangkan
dan membuat menu yang sesuai dengan para peminatnya. berbagai macam menu varian
yang menarik dan memiliki cita rasa yang kekinian seperti Potato and Chicken
dengan diberikan saus Honey Mustard.
Semiotika
menurut para ahli.
Semiotika
merupakan ilmu filsafat yang digunakan untuk menganalisis suatu tanda. Tanda-tanda disini yaitu perangkat yang
kita pakai dalam upaya berusaha mencari jalan di dunia ini,
di tengah-tengah manusia dan bersama-sama manusia.
Semiotika bisa memudahkan manusia untuk menganalisis setiap kejadian yang terjadi dikehidupan ini. Kita harus peka dan menambahkan kepedulian di diri kita untuk menangkap tanda-tanda yang terkadang memerlukan kepekaan yang lebih ekstra dari biasanya. Tanda-tanda tersirat yang hanya bisa didapatkan dengan memikirkannya lebih dalam, dan mencari wawasan untuk mengetahui suatu kebenaran yang tersembunyi.
---
Secara teori semiotika yang menjadi landasan dalam penelitian ini. Usaha Jerome ini sudah memiliki tanda-tanda dimasa lalu saat usaha ini belum berdiri. Dimulai dari Jerome yang berkuliah di Jepang dan ingin memajukan Indonesia hal itu menjadi penanda akan diciptakan usaha ini. Selanjutnya sebagai petandanya yaitu dibikinnya bisnis ini dengan kakaknya sebagai partner dan menjadikan bisnis ini berkembang dan diminati banyak orang.
Analisis selanjutnya apakah bisnis Jerome akan bertahan lama? Dengan menggunakan teori tanda, penanda yang ada adalah dengan viralnya usaha Jerome ini sampai sekarang. Banyak youtuber lain yang mereview menantea dan memberikan rating yang tinggi. Petandanya jadi banyak yang penasaran akan citarasa dari menantea membuat banyak orang rela mengantri Panjang untuk membeli menu yang disediakan di menantea. Hal itu mengakibatkan menantea memiliki banyak cabang di Indonesia. Karena factor tersebut usaha menantea memungkinkan akan memiliki jangka waktu yang lama dalam dunia bisnis kuliner ini.
Rumusan masalah
1.
Citra seperti apa yang dimiliki oleh Brand
Menantea
2.
Cara apa yang menantea gunakan untuk membuat
brandnya sangat laku dipasaran
3.
Kreativitas seperti apa yang dijadikan
panutan/tujuan dari brand menantea
1. Menantea memiliki citra yang fresh. Hal itu berarti menantea menggunakan bahan-bahan
pembuatan yang fresh. Seperti buah-buahan, teh dan bahan baku dari pembuatan
makanan tersebut. Selain itu juga menantea mengungsung kesan kebersihan,
terlihat bahwa produk, outlet serta pegawainya yang menerapkan kebersihan.
2. Strategi promosi yang dilakukan
melalui penggunaan media sosial Instagram seperti postingan, komentar,
berinteraksi dengan konsumen, serta memberikan promopromo menarik adalah
tindakan yang tepat dalam membangun sebuah brand dan juga personal branding
bagi pemiliknya
3. Menantea terinspirasi dari drama korea. "Saya nonton drama Korea Iteawon Class,
dari situ langsung terinspirasi pengin bisnis. Terus sadar berkarier di dunia
konten kreator ngga akan lama. Jadi milih harus punya bisnis untuk income
ketika udah nggak jadi konten kreator lagi. Jadi bersyukur punya bisnis
ini," ujar Jerome.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar