Kamis, 30 Juni 2022

Kajian Literatur menggunakan 5 Journal yang membahas mengenai strategi promosi digital.

Dikesempatan kali ini saya akan membuat kajian literatur yang membahas tentang stategi promosi dari suatu Brand.

Brand yang saya angkat kali ini yaitu Menantea. Menantea sangat menarik perhatian warga NET karena tingkat penjualan yang begitu diminati oleh banyak orang. Strategi yang digunakan menantea menggunakan promosi yang dilakukan melalui media digital. Media digital di klaim sebagai salah satu cara promosi usaha yang paling memiliki dampak penjualan yang besar. Namun pada journal-journal yang akan dijadikan kajian literatur berikut ini akan membahas mengenai strategi promosi dari suatu usaha yang memungkinkan untuk menarik minat pembeli.

1.    1.  Menurut Sarah Ardine Raissa dalam Journal Pengaruh Customer Behavior Pada Penjualan Menantea dikatakan bahwa Melesatnya pejualan Menantea karena dipengaruhi oleh customer behavior (CB) dan brand awareness, dimana para konsumen lebih memilih produk dari Menantea dikarenakan produk tersebut memenuhi indikator peminatan. Nama produk serta harga yang ditawarkan juga sangat menarik perhatian, dimana para konsumen akan memiliki rasa penasaran. Dalam faktor brand awareness sejauh mana konsumen akan memilih produk Menantea. Hal ini terjadi karena konsumen menggunakan indikato recall, recognition, purchase, dan cosumption. Dengan begitu sangat mempengaruhi penjualan prodak.

 

2.  2. Selanjutnya. Menurut Menurut Mamay Komarudin dalam journal STRATEGI PROMOSI PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING  BAGI UMKM, Strategi promosi digital memiliki manfaat meliputi      kepraktisan      dalam      melakukan pemasaran,   memperkecil   beban   operasional perusahaan    khususnya    pada    beban    yang dianggarkan   untuk   proses      promosi      yang  seharusnya,  lebih  cepat  menanggapi  konsumen baik   segala   sesuatu   yang   berkaitan   dengan konsumen.

 

3.   3. Menurut Taat Kuspriyono dalam journal Analisis Strategi Pemasaran Produk di Di YouTube Melalui Subscriber Tertinggi dan Kualitas Tayangan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk, mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil dari penelitian ini maka didapatkan kesimpulan bahwa Strategi Pemasaran Produk dan Kualitas Tayangan Iklan secara besama[1]sama memberikan kontribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk sebesar 96,9%. Sementara itu jika di uji satu persatu antara variabel Strategi Pemasaran Produk terhadap Keputusan Pembelian memiliki pengaruh yang positif, begitu juga variable Kualitas Tayangan Iklan memiliki pengaruh yang positif terhadap Keputusan Pembelian.

 

4.  4.  Menurut Nurian Lestiana dalam journal Aktifitas Promosi Kuliner Melalui Media Sosial Instagram mengungkapkan pada tahap pengenalan dilakukan dengan membuat akun Instagram UMKM yang menyajikan informasi detail agar agar audiens melihat dan mengetahui apa saja yang di review oleh akun Instagram UMKM tersebut. Pada tahap menyukai, akun Instagram UMKM dapat mempengaruhi audiensnya untuk menyukai dengan cara menggunakan gambar foto yang menarik dan keterangan foto yang detail, dengan menginformasikan promosi kuliner terbaru. Dengan demikian nantinya audiens akan sampai pada tahap pembelian, tahap dimana audiens yakin untuk mendatangi kulinari yang sudah dipromosikan oleh akun instagram UMKM tersebut. Audiens beranggapan bahwa apa yang dipostingkan oleh akun UMKM  menarik dan dapat mempengaruhi untuk mendatangi kulinari tersebut.

 

5.  5.  Menurut Chriswardana Bayu Dewa dalam journal Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner mengemukakan bahwa Perkembangan penggunaan aplikasi Tiktok yang begitu pesat di Indonesia, dapat menjadikan Tiktok sebagai media promosi yang efektif dalam meningkatkan industri kuliner di Indonesia, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan media sosial Tiktok dapat menjangkau masyarakat luas, dengan sekitar 64% masyarakat Indonesia merupakan pengguna internet dan kurang lebih 160 juta penduduk Indonesia adalah pengguna aktif sosial media.

 

  • Dapat disimpulkan bahwa promosi melalui media digital merupakan suatu strategi yang sangat efektif untuk menarik minat pembeli. Dari 5 journal diatas melakukan promosi digital di era sekarang merupakan suatu hal yang bisa menjadikan suatu usaha menjadi lebih berkembang pesat dengan cepat. Seperti usaha Menantea yang menggunakan promosi digital melalui channel youtube Jerome yang memiliki jutaan subscribers menjadikan usahanya lebih mudah terkenal dan menarik minat pembeli dengan cepat. Selain menggunakan subscriber youtubenya, Jerome juga memiliki akun khusus untuk Menantea, dari situlah ia mendesain akun instagramnya, membuat feed yang berkaitan dengan menantea, dan mendesain setiap postingannya menggunakan ciri khas dari menantea dengan dominan warna hijau.

        Mempromosikan produk menggunakan Instagram bisa dibilang efektif untuk menarik pembeli                agar membeli produk yang dijual, terlebih lagi Jerome memiliki sejumlah teman selebriti yang                juga bisa membantunya melakukan endors ataupun meriview usahanya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian Literatur menggunakan 5 Journal yang membahas mengenai strategi promosi digital.

Dikesempatan kali ini saya akan membuat kajian literatur yang membahas tentang stategi promosi dari suatu Brand. Brand yang saya angkat ka...